Jumat, 08 April 2011

Sekilas Tentang Taman Nasional Gunung Gede - Pangrango (TNGP)


Puncak Gn. Gede
 Taman Nasional ini ditetapkan pada tahun 1980 dengan luas 22.851,03 Hektar, Secara administrative kawasan Taman Nasional Gn. Gede – Pangrango (TNGP) berada di tiga kabupaten yaitu Bogor, Sukabumi Dan Cianjur. Kantor Pusat Pengelola TNGP ini berada di daerah Cibodas Kabupaten Cianjur, taman nasional ini memiliki dua buah Gunung yang masih aktif. 
Yang pertama adalah Gn Gede. Gunung ini merupakan salah satu tempat favorit untuk melakukan pendakian dan juga berkemah. Tercatat hampir setiap pekan ada pecinta alam yang melakukan pendakian. Gunung ini memiliki panorama yang indah dan alami yang akan memenjakan mata, jika melakukan pendakian melalui rute utama yaitu cibodas anda dapat menjumpai telaga kecil, air terjun cibereum yg indah, dan juga air sungai yg mengalir deras yang airnya biasa digunakan para pendaki untuk melepas dahaga (diminum langsung tanpa dimasak). di puncak gunung gede terdapat kawah yang masih aktif dengan dinding-dinding kawah yang tampak kokoh dan indah. Tinggi dari gunung ini adalah 2.958  mdpl (meter diatas permukaan laut) digunung ini juga terdapat padang rumput yang sangat luas yang ditumbuhi bunga abadi atau yang sering disebut Edelweis/Anapahis Javanica. 
Yang kedua adalah Gn. Pangrango, gunung ini juga tidak kalah indah dengan gunung gede, terdapat beranekaragam flora dan fauna hutan tropis. Puncak gunung ini terlihat masih runcing karena belum pernah meletus. Jika anda ingin mendaki gunung ini anda harus memiliki tenaga yang sangat prima kerena rute yang terjal dan curam, tinggi gunung ini adalah 3.019 mdpl. 
Jika anda ingin melakukan pendakian, anda dapat langsung datang ke kantor TNGP Cibodas, yang berjarak ± 103 km dari Jakarta, 83 km dari Bandung, dan 17 km dari pusat kota Cianjur untuk melakukan registrasi dan pendataan pendaki. Untuk info lebih lanjut biasa menghubungi nomor kantor TNGP 0263-512776. atau bisa secara online melalui http://www.booking.gedepangrango.org/ 
View Gn.Pangrango dari Gn.Gede
-semoga bermanfaat-
monggo coment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar